Tugas 1 softskill

A. Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi

1.  Pengertian Manajemen   

    Adalah suatu seni dalam ilmu dan proses pengorganisasian seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan. Dalam pengertian manajemen sebagai seni karna seni berfungsi dalam mengujudkan tujuan yang nyata dengan hasil atau manfaat sedangkan manajemen sebagai ilmu yang berfungsi menerangkan fenomena-fenomena, kejadian sehingga memberikan penjelasan yang sebenarnya.
Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu "Manage" yang berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. Sedangkan Pengertian Manajemen secara etimologis adalah seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian manajemen juga dipandang sebagai disiplin ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan organisasi dalam upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Orang yang melakukan manajemen disebut dengan manajer.

  •      Fungsi Manajemen
     Fungsi Manajemen - Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang selalu ada dan berada dalam proses manajemen yang menjadi patokan bagi manejer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi Manajemen secara Umum adalah sebagai berikut...

  •    . Fungsi Perencanaan (Planning)
      Pengertian perencanaan/planning adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membuat tujuan perusahaan dengan berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang ingin diraih. Perencanaan merupakan cara terbaik dalam mengejar dan membuat tujuan perusahaan dapat tercapai karna perencanaan merupakan proses bagian dari fungsi manajemen yang penting karna tanpa perencanaan fungsi-fungsi manajemen berikutnya tidak dapat berjalan.

  •     Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
      Pengertian pengorganisasian/organizing adalah membagi suatu kegiatan besar menjadi suatu kegiatan-kegiatan kecil dengan membagi dalam setiap tugas agar tercapainya suatu tujuan dengan lebih mudah.

  •    Fungsi Pengarahan (Directing)
      Pengertian pengarahan/directing adalah suatu tindakan yang mengusahakan agar semua anggota kelompok untuk berusaha mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.


2.  Layanan 

    Untuk memenuhi kebutuhan kualitas pelanggan yang ada, perusahaan maupun instansi harus mengetahui siapa pelanggan mereka dan apa yang mereka inginkan. Dimensi kualitas memberikan perusahaan atau instansi suatu kerangka kerja untuk menjawab pertanyaan, apa yang diinginkan para pelanggan. Pelanggan mencari dimensi-dimensi kualitas ini. Saat para eksekutif perusahaan/instansi memulai tugas perencanaan, mereka memutuskan produk dan jasa yang akan ditawarkan perusahaan/instansi. Dalam melakukan ini, para pimpinan sebenarnya telah mengarah pada
dimensi-dimensi kualitas. Kumpulan kualitas produk dan jasa yang ditetapkan adalah yang diyakini para eksekutif akan paling memenuhi kebutuhan, para pelanggan. Sehingga pada akhirnya, perusahaan akan dapat memahami dan menyediakan apa-apa yang menjadi harapan dan kebutuhan para pelanggannya.
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor atau ukuran keberhasilan bagi setiap pengembangan dan implementasi sistem informasi pada suatu perusahaan. Citra kualitas layanan yang baik bukanlah berdasarkan sudut pandang atau persepsi pihak penyedia layanan, melainkan berdasarkan sudut pandang atau persepsi pelanggan. Pelanggan yang menikmati layanan perusahaan yang menentukan kualitas layanan. Persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu layanan. Makalah ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan metode servqual dalam mengukur kualitas layanan sistem informasi yang ada.

3. Pengertian Sistem Informasi

   Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan/kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi.  atau sistem informasi diartikan sebagai kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Sedangkan dalam arti luas, sistem informasi diartikan sebagia sistem informasi yang sering digunakan menurut kepada interaksi antara orang, proses, algoritmik, data dan teknologi. Macam-macam sistem informasi adalah sebagai berikut

   a. sistem reservasi pesawat  digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan/pembeilan tiket

   b. sistem penjualan kredit  digunakan untuk memantau hutang para pelanggan

   c. sistem biometrik  untuk mencegah orang yang tidak berwenang memasuki fasilitas-fasilitas rahasia atau mengakses informasi yang bersifat rahasia dengan cara menganalisa sidik jari atau retina mata

   d. sistem point-of-sale/ pos  diterapkan pada kebanyakan pasar swalayan dengan dukungan pembaca barcode untuk mempercepat pemasukan data.

   e. sistem telemetri / pemantauan jarak jauh menggunakan teknologi radio misalnya untuk mendapatkan suhu lingkungan pada gunung berapi atau memantau pilar jembatan rel kereta api

   f. sistem berbasis kartu cerdas / smart card  digunakan oleh juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena di dalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien

   g. sistem terpasang di tempat publik memungkinkan seseorang mendapatkan informasi seperti hotel, tempat pariwisata, pertokoan dll

   h. sistem layanan akademis berbasis web mahasiswa memperoleh data-data akademis, daftar mata kuliah baru pada saat semester baru

   i. sistem electronic data interchange (edi)  pertukaran dokumen antar perusahaan secara elektronis dan data yang terkandung dalam dokumen dapat diperoses secara langsung oleh komputer

·  j. e-government atau sistem informasi layanan pemerintah yang berbasis internet dalam bentuk yang lebih kompleks,  si melibatkan banyak user dan memerlukan sarana jaringan yang memungkinkan user yang tersebar di berbagai tempat yang berjauhan dapat berbagi informasi.

   Kemampuan utama sistem informasi (turban, mclean dan wetherbe, 1999)

    1. melaksanakan komputasi numerik bervolume besar dan kecepatan tinggi.

    2. menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah,

    3. akurat dan cepat

    4. menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil

    5. tetapi mudah diakses

    6. memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak di seluruh dunia

    7. dengan cepat


Secara garis besar dari pengertian di atas

    Manajemen layanan sistem informasi adalah suatu seni dalam ilmu dan proses pengorganisasian seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan dalam mengolah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan/kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna

    Berikut ini adalah merupakan contoh layanan sistem informasi



B. Pengertian Six Sigma Menurut Ahli


Pengertian Six sigma

Six sigma dapat didefinisikan sebagai suatu metodologi yang menyediakan alat-alat untuk peningkatan proses bisnis dengan tujuan menurunkan variasi proses dan meningkatkan kualitas produk. Pendekatan Six sigma merupakan sekumpulan konsep dan praktik yang berfokus pada penurunan variasi proses dan penurunan kegagalan atau kecacatan produk (Gaspersz, 2011).

Six sigma merupakan suatu falsafah dan kativitas perbaikan mutu berkelanjutan menuju zero defect. Dengan six sigma, cacat dan kesalahan yang terjadi atas produk sebesar 3,4 unit per sejuta keluaran. Six sigma mewakili enam simpangan baku (Sigma berasal dari huruf Yunani yang digunakan untuk menyatakan simpangan baku dalam statistik atas rata-rata dari data).

Metodologi six sigma menyediakan peralatan dan teknik untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi cacat dalam proses manapun yang kita laksanakan. Six sigma dimulai penerapannya pada Motorola, yaitu pada divisi pabrikasi, tempat diproduksi berjuta-juta komponen dengan menggunakan proses sama yang dilaksanakan berulangkali. Dengan cepat, six sigma berhasil meningkatkan mutu keluaran sehingga diterapkan pula pada divisi selain divisi pabrikasi.

Six sigma digunakan perusahaan untuk meningkatkan mutu pada proses bisnis yang ada dengan cara meninjau ulang secara tetap dan memperbaiki proses tersebut. Untuk mencapai hal tersebut, six sigma menggunakan suatu metodologi yang dikenal sebagai DMAIC (gambarkan peluang / define, ukur capaian /measure, teliti kesempatan / analyze opportunity, tingkatkan capaian / improve performance dan kendalikan kinerja / control performance).


Sumber :

http://yusfimembaca.blogspot.co.id/2013/01/pelayanan-secara-umum-pelayanan-dapat.html

http://www.artikelsiana.com/2015/09/pengertian-sistem-informasi-ciri-fungsi.html

bapsi.gunadarma.ac.id

http://www.firstpolymer.com/wp-content/uploads/2014/11/Le-Six-Sigma.jpg

http://pengertian-pengertian-info.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-six-sigma-menurut-ahli.html

http://dokumen.tips/documents/analisis-kualitas-layanan-sistem-informasi-menggunakan-metode-servqual-56599a404750c.html 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

COBIT (Control Objectives for Information and related Technology)

Puisi tentang Manusia dan Tanggung Jawab