Review Film Ex Machina (2015) dan keterkaitan film dalam mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer


Review film EX MACHINA
Bercerita tentang seorang programmer muda bernama Caleb (Domhnall Gleeson) yang memenangkan sebuah kompetisi untuk ikut berpartisipasi dalam percobaan sebuah teknologi baru. Ia mengikuti percobaan tersebut di bawah sebuah gunung pribadi milik Nathan (Oscar Isaac).
Nathan adalah pria tertutup dan juga CEO dari perusahaan tempat Caleb memenangkan kompetisi tersebut. Ketika Caleb tiba, ia menemukan bahwa dirinya terlibat dalam percobaan yang aneh. Dimana ia harus berinteraksi dengan teknologi buatan paling cerdas, adalah robot dalam bentuk gadis bernama Ava (Alicia Vikander).
Sesi demi sesi di lewati Caleb bernama Ava. Caleb lalu menyadari bahwa Ava memiliki kesadaran sendiri layaknya seorang manusia. Caleb lalu berencana membuat sebuah rencana pelarian. Tetapi semua yang ia rencanakan telah di ketahui Nathan sejak awal.
Perseturuan antara Caleb dan Nathan di manfaatkan Ava untuk keluar dari kamar kurungnya. Ia bahkan tak segan membunuh Nathan yang selama ini mengurung dirinya bersama robot lainnya. Pada akhirnya, Ava yang sejak awal berjanji keluar bersama Caleb justru mengkhianati.
Caleb terjebak dalam tipu daya Ava dan terkurung bersama tubuh Nathan yang telah mati membeku.

Komentar keterkaitan film dengan mata kuliah :

Sebuah film science-fiction yang sebenarnya sederhana, namun sarat dengan muatan nilai moral dan filosofis yang bisa diambil. Alex Garland mampu membawakan Ex Machina sebagai sebuah film sci-fi dengan dialog yang smart,didukung dengan special effect dan properti set yang stylish dan futuristik. Oscar Isaac tampil bagus, namun Alicia Vinkander adalah yang paling menawan. Sayangnya Ex Machina tidak sebagus itu. Hubungan kedua tokoh utama Caleb dan Ava yang seharusnya menjadi pondasi Ex Machina terasa kurang kuat. Misterinya agak mudah ditebak, dan filmnya tidak semenegangkan seperti yang diberikan melalui trailernya. Dan film ini memiliki keterkaitan antara manusia dan computer karena di dalam sebuah film tersebut terdapat interaksi antara manusia dan computer dalam membuat sebuah robot agar dapat di gunakan oleh manusia. Sisi negative yang bias di ambil dari cerita tersebut bahwa sebuah teknologi dapat menghancurkan manusia karna kecerdasan nya. sebuah teknologi dapat di bangun dari pemikiran manusia yang dapat memberikan pengaruh positif dan negative. Untuk itu manusia harus bijak dalam penggunaan sebuah teknologi di dalam lingkungan di sekitar. Agar sebuah teknologi tidak menjadi suatu hal yang dapat menghancurkan ruang lingkup kehidupan manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi tentang Manusia dan Tanggung Jawab

COBIT (Control Objectives for Information and related Technology)